Sunday, April 28, 2013

Prospek Kerja Teknik Lingkungan di Indonesia? Dibutuhkan Sarjana Teknik Lingkungan UI, ITB, UNDIP, ITS, dan masih banyak lagi Universitas terakreditasi lainnya

Anda tahu kemana prospek kerja Sarjana Teknik Lingkungan (TL)? jika anda masih belum tahu banyak tentang kemana lulusan Teknik Lingkungan nantinya, saya akan mengupas informasi sesuai dengan apa yang saya ketahui selagi menjadi mahasiswa tingkat akhir di tahun 2013.

Sejak masih SMA, saya memang sangat berencana ingin masuk jurusan teknik lingkungan, khususnya Teknik Lingkungan UI. Saya pikir itu sangat-sangat menarik, karena jurusan teknik lingkungan UI masih baru dan memang pada saat itu kondisi Indonesia kabarnya sedang gencarnya go green dan melakukan seluruh pembangunan yang ramah lingkungan. Alasan lainnya adalah karena kampus dekat dengan rumah orang tua. Itu yang membuat saya memilih jurusan teknik lingkungan.  Sssst, sebenarnya secret tuh alasannya!

Di Indonesia banyak perguruan tinggi negeri yang menyediakan program jurusan Teknik Lingkungan. Berikut beberapa jurusan teknik lingkungan di perguruan tinggi favorit Indonesia :
Teknik Lingkungan UI
Teknik Lingkungan UI
Teknik Lingkungan Undip
Teknik Lingkungan UNDIP
Teknik Lingkungan ITB
Teknik Lingkungan ITB
Teknik Lingkungan ITS
Teknik Lingkungan ITS



dari keempat PTN favorit diatas juga tidak menutup kemungkinan dari Universitas lain juga memiliki kesempatan yang sama, dalam menciptakan peluang bagi sarjana yang lulus untuk mencari pekerjaan. Tapi faktanya tidak dapat dipungkiri, bahwa lulusan PTN favorit lebih didahulukan untuk mendapatkan pekerjaan dibanding lulusan dari PTN biasa. Didasarkan pada ikatan alumni yang sangat kuat, juga PTN favorit sudah memiliki level yang benar-benar diakui dan telah teruji dilapangan. 

Jaringan atau networking yang dibangun sejak berada dibangku perkuliahan merupakan modal awal untuk dimanfaatkan ketika lulus nanti. Tapi ketika kita berada di Universitas selain keempat diatas, kita masih punya peluang yang sangat besar juga, asalkan kita memang meningkatkan diri, mengembangkan diri dalam hal practice dan soft skill. Ingat bahwa manusia memiliki peluang yang sama untuk sukses, yang membedakan adalah apakah manusia itu mau merubah velue dalam dirinya yang membuat ia berbeda dengan manusia lainnya, sehingga ia pantas terpilih, pantas menjadi orang sukses dikemudian hari.

Teknik Lingkungan merupakan jurusan yang sangat prospektif sekali di Indonesia, kenapa demikian? Indonesia saat ini sedang membangun yang bertemakan ramah lingkungan, oleh sebab itu peran sarjana teknik lingkungan sangat dibutuhkan sekali. Nih, saya tampilkan beberapa pekerjaan yang dituju oleh para sarjana teknik lingkungan :
  1. Konsultan Lingkungan
  2. Kementrian Lingkungan Hidup, Pejabat LH tingkat Provinsi dan Kabupaten
  3. Pertambangan
  4. Perminyakan
  5. Seluruh PT. yang eksploitasi energi
  6. Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  7. Pembangunan TPS dan TPA
  8. Menggarap beberapa proyek2 penting, level nasional, provinsi, dan kabupaten
  9. Perusahaan konstruksi
  10. Pengawas kondisi lignkungan air, udara, darat
  11. Pembangunan bangunan air, seperti saluran irigasi, DAM, dan lainnya
  12. Surveyor Developing
  13. Ahli pakar Lingkungan di suatu perusahaan makanan, atau produk kebutuhan manusia
  14. Dosen
  15. Greenpreneurship
  16. dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan tenaga teknik lingkungan
Banyak perusahaan di Indonesia yang sangat membutuhkan tenaga sarjana teknik lingkungan. Mulai saat ini, buat teman-teman SMA yang masih binggung mau ambil jurusan apa, jurusan teknik lingkungan sudah sedikit saya jabarkan, Saya senang bisa membantu berbagi seperti ini, semoga dapat menjadi pertimbangan selanjutnya buat kalian.  Dalam waktu dekat saya akan memposting apa saja yang dipelajari di perkuliahan teknik lingkungan, dan kira-kira bagaimana tips agar bisa menyesuaikan diri di lingkungan perkuliahan. Ok terimakasih. Tunggu postingan saya selanjutnya...

118 comments:

  1. Kak, saya bingung menentukan jurusan antara lingkungan dan tehnik hayati. saya sangat suka bikologi kak, di lingkungan biologi berperan nggak kak? terus kuliahnya banyak lapangan? saya takut nantinya kurang sesuai sama saya kak..

    ReplyDelete
  2. kalau teknik lingkungan UNAND itu gimana kak ? apakah teknik lingkungan UNAND termasuk favorit kak ?

    ReplyDelete
  3. for nad.ila:
    Di teknik lingkungan ada mata kuliah mikrobiologi yang sangat erat kaitannya dengan ilmu biologi. Selain itu, di Teknik lingkungan UI, ada juga mata kuliah epidemiologi yang mempelajari penyakit-penyakit beserta pajanannya. Tentu saja biologi berperan di teknik lingkungan walaupun tidak sekuat teknik hayati, tetapi di teknik lingkungan kamu dapat mempelajari berbagai macam disiplin ilmu lainnya seperti kimia, dan tentu saja fisika tentang dasar-dasar ilmu teknik sipil.
    Seperti program S1 lainnya, teknik lingkungan banyak di dalam ruangan seperti di ruangan kuliah dan di laboratorium.
    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  4. For Wulan:
    Teknik lingkungan Unand termasuk teknik lingkungan tertua di Indonesia dan merupakan yang tertua di pulau Sumatera. Kalau dibandingkan dengan ITB,ITS,UII,Undip,dan trisakti, Unand masih sedikit tertinggal dalam hal akreditasi. Namun, Unand merupakan yang terbaik di pulau Sumatera, karena univ2 lainnya di pulau sumatera baru membuka prodi teknik lingkungan belakangan ini.
    Semoga mambantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak saya mau tau materi2 tentang tek.lingkungan jika berkenan bisa berbagi ke email saya robishon567@gmail.com🙏

      Delete
  5. kalau cewek ngambil teknik lingkungan masalah ga ya kak? trus kalau buat cewek ni prospek kedepannya gimana kak?

    ReplyDelete
  6. kalo teknik lingkungan di UI ada PMDK nya ga kak?

    ReplyDelete
  7. share dong mata kuliah teknik lingkungan bro..
    saya juga ngambil teknik lingkungan di universitas brawijaya

    ReplyDelete
  8. Tulis email anda saja, nanti saya kirimkan lewat email saudara M ikhsan. untuk saudara hasan, masih ada kok pmdk, untuk saat ini di UI program undangan namanya, jadi pihak UI akan mengirimkan surat undangan ke SMA-SMA seluruh Indonesia yang masuk list rekomendasinya untuk bisa studi di lingkungan kampusnya. semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  9. kak, saya lagi tertarik banget ambil kuliah di teknik lingkungan. Habis SMA ini pengen ngelanjutin ke teknik lingkungan ITS. bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? saya berterima kasih banget buat pertolongannya.
    email: ritalestari25@gmail.com

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak, saya juga bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? Makasih kak...
    email: liqoarobby.rojiat@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Kak, saya juga bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? Makasih kak
    email; widyatamimi@ymail.com

    ReplyDelete
  13. kak,saya juga mau tau, apa aja yg dipelajari di teknik lingkungan.. siskacute11@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. kalo gitu sekalian deh.. saya udah serius pengen masuk TL
    hdonatus@ymail.com

    ReplyDelete
  15. kak, kalau teknik lingkungannya surya university gimana?

    ReplyDelete
  16. kak saya juga mau tau dong mata kuliah apa saja yang dipelajari di TL. Makasih
    irmarachmawati17@yahoo.com

    ReplyDelete
  17. Skill Yang paling dibutuhkan lulusan TL apa sih?

    ReplyDelete
  18. kak,saya tertarik sama TL. Saya juga mau tau apa aja yg dipelajari di teknik lingkungan.
    email: eluci14@gmail.com
    makasih kak.

    ReplyDelete
  19. kirimin ke saya juga ya kak email ke claraardhan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  20. saya tertarik sama TL. Saya juga mau tau apa aja yg dipelajari di teknik lingkungan. dan PTN mana yang jurusan TL nya cukup baik
    email: n.indrianto726@gmail.com
    makasih kak.

    ReplyDelete
  21. kak,saya juga mau tau, apa aja yg dipelajari di teknik lingkungan. Email : cristiantoj@ymail.com

    ReplyDelete
  22. kak, saya ingin tahu matkul apa saja yang ada di teknik lingkungan, lalu apa-apa saja dasar yang dibutuhkan dan apa saja yang dipelajari? makasih kak. email: radinda92@gmail.com

    ReplyDelete
  23. kak saya juga ingin tau yang dipelajari di teknik lingkungan? dan dasar apa saja yg dibutuhkan? kalau basic suka kimia dan biologi apakah bisa survive? terimakasih email : aufasnisa@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. Ka, saya masih bingung mau memilih teknik geologi atau teknik lingkungan untuk kuliah saya tahun depan. Di teknik lingkungan, mata kuliah apa saja yg dipelajari kak? Dari segi prospek kerja, prefer yg mana? Terimakasih sebelumnya:)
    septianiperdana@gmail.com

    ReplyDelete
  25. kak aku interest banget nih sama teknik lingkungan nya ui. boleh kasih informasi nya gak tentang pembelajarannya. terus sama pelajaran apa aja sih yang jadi basic utama buat di teknik lingkungan? makasih kak.
    lulu_khoiriyah@yahoo.com

    ReplyDelete
  26. Kak, saya juga bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? Makasih kak. email : cynthia.arivia@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaykum kak, sebelumnya mohon maaf, boleh tolong kirim juga mata kuliah Teknik Lingkungan UI ke email saya? Dan mata pelajaran apa yang benar-benar harus dikuasai agar bisa survive di jurusan tersebut?
    Terimakasih banyak kak atas bantuannya.
    Email : vianindya_27@yahoo.com

    ReplyDelete
  28. Kak, kebetulan saya mau ambil teknik lingkungan (entah di UI/ITB), tapi saya masih bingung mengenai basic skill apa yang dibutuhkan. Takutnya nanti saya menyerah di tengah jalan. Bisa tolong kirimkan info (dewigustari@gmail.com) tentang mata kuliah, basic skill, dan range tema skripsi yang bisa diambil di TL kak? Oh iya, saya juga mau minta pendapat kakak, lebih baik TL UI atau TL ITB? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. kak,saya juga mau tahu apa saja yang akan dilakukan di teknik lingkungan, ya lebih dalam lagi. Bisa tolong kirim ke email saya kak, mitasoraya@rocketmail.com

    ReplyDelete
  30. Kak berbagi dong segala hal tentang TL. Ditunggu ya ;))
    amarafaye@gmail.com

    ReplyDelete
  31. kak boleh sharing semua tentang teknik lingkungan
    dr pelajaran yang paling dasar yang harus diketahui, mata kuliah apa yang dipelajari dan semua nya tentang teknik lingkungan.
    bisa tolong kirim ke email : oktaphia.rise@gmail.com
    makasih :)

    ReplyDelete
  32. Kak, kebetulan saya juga mau ambil teknik lingkungan (entah di UI/ITB), tapi saya masih bingung mengenai basic skill apa yang dibutuhkan. Bisa tolong kirimkan info tentang mata kuliah, basic skill, dan range tema skripsi yang bisa diambil di TL kak? terus kalau UI itu prospek kerjanya gimana ya kak? Terima kasih kak

    ReplyDelete
  33. Kak , sharing donk tentang smua teknik lingkungan :) mau ambil tek.lingkungan nih ..

    ditunggu ya :) makasih ka ..

    riyadi.rizky675@gmail.com

    ReplyDelete
  34. ikut share juga ne kalau ada yang berminat ikut saja environmental engineering di Surya University
    kalau ada yang berminat silakan kunjungi website ini:www.surya.ac.id

    ReplyDelete
  35. Penasaran sama teknik lingkungan :)
    aristiarshavin22@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Maaf kak, bleh mnta info lbih lnjut ttg tekling? Saya tertarik sama tekling ui sma undip. Mhon bantuannya,
    eritalenta12@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Kak saya jadi tertarik sama Teknik Lingkungan,, saya ingin tahu tentang teknik lingkungan lebih dalam lagi, Tolong ya kak kalau ada info tentang teknik lingkungan kirim ke email saya.

    permenkapas24@yahoo.com . Makasih kak

    ReplyDelete
  38. Kak saya juga mau dikirimi apa aja yg harus dikuasai untuk ke TL
    Menurut kakak prospek kerja kedepannya bagusan ITS apa UI kak?

    ReplyDelete
  39. Retirpn@yahoo.com ini email saya kak

    ReplyDelete
  40. Teknik lingkungan itu seru bgt lo ........ saya kuliah di STTL"YLH" yogyakarta sekarang semester 3 ......
    Buat yang punya blog info nya keren n masih banyak yang perlu di tambahin ...... n buat temen temen yg mau nanya bisa chat or add facebook aku aja biar gampang ...... (ramadhan andrew remon)

    ReplyDelete
  41. Saya juga tertarik masuk ke teknik lingkungan kak :DD
    email: bingoesteen@gmail.com

    ReplyDelete
  42. Saya juga mau kak
    email: widyastuti948@gmail.com

    ReplyDelete
  43. anda bisa membaca ini kok... http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_lingkungan

    ReplyDelete
  44. Kak saya juga mau dong di kasih tahu apa aja yg di pelajari di TL
    ini email saya irvansetyadii@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  45. kak ramadhan setia bole minta emailnya? aku mau nanya nih seputar teknik lingkungan rencana nya aku juga mau di jogja

    ReplyDelete
  46. Kak, saya juga bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? Makasih kak...
    email: kaylapertiwi@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Kak, saya butuh informasi tentang teknik lingkungan. tentang materi-materi yang dibahas.
    email : Kholi.gloriosa@gmail.com

    ReplyDelete
  48. kak saya minat buat ambil teknik sipil atau teknik lingkungan . tolong bantu share apa aja yg dipelajari di teknik lingkungan besok dong
    ayanishaa@gmail.com thanks (y)

    ReplyDelete
  49. Kak saya minat banget buat masuk TL. Tapi saya masih gimana ya, takut apa aja yang bakal dipelajari di TL takutnya saya nggak bisa mengikuti ketika saya sudah masuk. Bisa saya juga dikirimkan email apa aaja yang akan dipelajari di TL jika tidak keberatan? nadiawaks@yahoo.com

    ReplyDelete
  50. Kak mau tanya, bagusan mana TL ITB sama ITS? Masih bingung kalau udah lulus SMA mau ambil jurusan apa. Trus nanti prospeknya gimana?
    ahmiarofaturr@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Kak, tolong share juga ttg apa aja yang bakal dipelajari di teknik lingkungan, tolong ya kak :)
    qiqicholifa@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  52. assalamualaikum ,
    kak saya syafii dari surabaya, insya allah tahun ini kuliah, dan mau ngambil teknik lingkungan,

    yang mau saya tanyakan , apakah di teknik lingkungan bahasa inggris lebih dominan dan berpengaruh?
    karena jujur, saya tidak bisa bahasa inggris ?

    mohon saran dan solusinya ya kak
    di email ini syafiimuhammad179@yahoo.co.id

    terimakasih

    ReplyDelete
  53. Kak, saya juga minta tolong dong mau tau tentang apa aja yg dipelajari di T. lingkungan beserta segala aktivitasnya. Makasih kak..
    email saya: irna.saripanjaitan@gmail.com

    ReplyDelete
  54. Jujur, saya agak kaget juga kak lihat peminatnya Teknik Lingkungan ternyata banyak banget! :-) Dan saya salah satunya... Banyak yang mengernyit nih kak, kalo aku ceritain tentang Teknik Lingkungan, kaya di pikiran mereka yang tanya aku tu, "Jurusan apa sih itu? Baru, ya? Belajar apaan? dan jadi apa?". Agak bingung juga kak jawabnya. Share ke aku ya kak, bla-bla-bla-nya tentang TL. Biar aku ndak galau lagi. Saya orientasi TL UNDIP, kak. Nuwun. Email saya : mariaesfera@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  55. ass, saya teni dari SMAN1 CIREBON saya mau nanya-nanya tentang Teknik Lingkungan. saya juga disuruh masuk Teknik Lingkungan. kalo boleh saya tau kalo UI itu kira-kira buat masuk ke teknik lingkungannya susah ga? rata-rata nilainya berapa? bisa tolong kirimkan jawabannya ke gmail saya? Teniyusrina@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  56. kak aku juga mau dong dikirim ttg pelajaran tl ngapain aja terus mapelnya apa aja dan semuanay deh ttg tl:) shafrandn@gmail.com thx ya

    ReplyDelete
  57. aku jga sekalian y kak :) beljr apa aja dan aktivitas yg dilakukan di jurusan TL ,,,
    yosellakarwindha@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Banyak jg ya yg minat masuk TL. Kebetulan saya mahasiswi TL usu dan baru semester 2. Di usu TLnya masih baru tp pencetus dan kajurnya kebetulan alumni ITB. Jadi dosennya jg ada yg alumni ITB yg udah pada sukses. Tp pada dasarnya matkul di TL semuanya sama kok. Ada pertanyaan ttg TL ? Bisa di komen aja dulu :)

    ReplyDelete
  59. Kak, saya butuh informasi tentang teknik lingkungan. tentang materi-materi yang dibahas. saya masih bngung kak . truss juga bisa gak kakak tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL?
    mksh sebelumnya kak

    email : elsibangun@gmail.com




    ReplyDelete
  60. kaka, saya juga mau minta seputar dunia teknik lingkungan, baik itu materi perkuliahan sama tips dan trik beradaptasi sama materi dan lingkungan perkuliahan juga universitas swasta mana yang prodi teknik lingkungannya telah diakui akreditasnya baik. makasiih :D

    putrianggraina@gmail.com

    ReplyDelete
  61. kak.. sya jg minta informasi ttg teknik lingkungan.. ap aja pelajaranny?
    mksh kak..
    winaermaliza@gmail.com

    ReplyDelete
  62. Kak saya juga ingin minta informasi dan pelajaran apa yg dipelajari di teknik lingkungan kak...terima kasih ^^
    Soehandha@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Ka tlg kirimin juga ke email sy ya mata kuliah apa yg domonandi TL dan peluang kerjanya bgmn dibandingkan di Teknik Industri , oh iya satu lg apa benar di TI itu mata kuliah dominan adalah fiisika jessicarosadewi@gmail.com

    ReplyDelete
  64. Ka tlg kirimin juga ke email sy ya mata kuliah apa yg domonandi TL dan peluang kerjanya bgmn dibandingkan di Teknik Industri , oh iya satu lg apa benar di TI itu mata kuliah dominan adalah fiisika jessicarosadewi@gmail.com

    ReplyDelete
  65. ada yg beda ya di Universitas Brawijaya. namanya Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

    ReplyDelete
  66. kak saya mau juga dong materi pelajaran yang dipelajari di teknik lingkungan

    blackarief21@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  67. kak, saya berminat utk melanjutkan pendidikan pada Fakultas Teknik Lingkungan, dan yg saya ingin tanya kan, mata pelajaran apa saja yang dominan dan tolong jelaskan bagaimana proses pembelajaran pd Teknik Lingkungan tersebut. Terimakasih banyak buat jawabannya ya kak, GBU O:)
    ini email saya : putripridani8@gmail.com

    ReplyDelete
  68. Kak saya juga pengen lebih tau tentang TL sama materi kuliahnya nanti apa aja . Email saya: gendhis.sitoresmi@gmail.com makasih kak :)) sukses kedepannya:))

    ReplyDelete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Kak saya mendaftar teknik lingkungan upn, mau tanya materi kuliahnya gimana. Tapi saya masih bingung antara teknik geologi dengan teknik lingkungan. Bagaimana kak? Terima kasih :) email saya afifah996@gmail.com

    ReplyDelete
  71. hebat ni teknik lingkungan, kaya artis yang lagi naik daun.. di luar negri (brunei) pendapatan perbulan dari insinyur lingkungan ini bisa mncapai 200jt itu masih fresh graduate..

    ReplyDelete
  72. kak aku juga yah tolong berikan informasi tentang teknik lingkungan karena saya maba tahun ini. informasi dari kaka sangat saya butuhkan. tolong kalau ada waktu kk kirimin email ke alamat email saya ya disini : afresaamanda96@gmail.com. terima-kasih ka :)

    ReplyDelete
  73. kak, saya tertarik masuk ke jurusan teknik lingkungan UI. kalau kakak ada waktu, boleh sharing informasi nya? spt mata kuliah & info lainnya akan sangat membantu. terimakasih.. thasyarch@live.com

    ReplyDelete
  74. Separo dari pekerjaan yang disebutkan itu adalah lingkup kerja konsultan lingkungan.
    Jadi, kenyataannya Teknik Lingkungan nggak terlalu menjanjikan juga, sih.
    Kenapa? Hitung berapa banyak perusahaan tambang di Indonesia. Hitung berapa banyak PTN dan PTS yg punya jurusan TL. Hitung berapa persen peluangmu masuk. Biasanya perusahaan besar hanya meng-hire 1 orang tiap buka rekrutmen untuk TL.

    Dan, yang namanya 'Teknik' pasti ke lapangan. Waktu kuliah mungkin nggak, tapi waktu kerja, hampir sangat pasti... kecuali kalo jadi PNS.

    ReplyDelete
  75. Kak, saya juga bisa tolong kirimin email soal apa aja yg bakalan dilakuin pas kuliah di TL? Makasih kak...
    email: dzakywaly@gmail.com

    ReplyDelete
  76. Apa bedanya Teknik Lingkungan sm teknik pwk? makasih kak :)

    ReplyDelete
  77. kak, saya berminat masuk teknik lingkungan ITS. mohon informasinya kak. terima kasih.
    email: fadillapramesti80@gmail.com

    ReplyDelete
  78. kalo anak IPS bisa nggak masuk teknik lingkungan??

    ReplyDelete
  79. Kak, mata kuliah apa saja yang diajarkan pada jurusan Teknik Lingkungan? Ini email saya mayangcarenina@gmail.com terimakasih kak :)

    ReplyDelete
  80. Kak saya butuh info lebih tentang teknik lingkungan, apa saja yang dipelajari? Saya juga tertarik dengan teknik lingkungan ui, standar nilainya berapa ya? Mohon infonya kak ini email saya anitalidiap@gmail.com terimakasih banyak kak

    ReplyDelete
  81. boleh minta mata kuliah teknik lingkungan Universitas Indonesia kak? trimsss bisa dikirm ke galihgo@ymail.com

    ReplyDelete
  82. kak saya butuh info seputar tek ling mohon bantuannya.
    email: vretnaningtyas@gmail.com

    ReplyDelete
  83. 1. kak saya mau tanya apakah dalam jurusan ini pel ipa sangat kuat? kalau iya pelajaran aoa itu?
    2. saya anak ipa tapi saya kurang suka dengan hitung-hitungan dan saya ingin jurusan kuliah yang nantinya lebih banyak di lapangan. apakah salah apabila saya mengambil teknik lingkungan UI? terima kasih kak mohon dibales ya. ini email saya: fetikarachmania53@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Kak, saya sangat tertarik dengan jurusan Teknik Lingkungan, apabila ada waktu saya ingin mengetahui informasi lebih mengenai TL seperti apa yang di pelajari dan pelajaran apa di sma yang nanti akan sangat membantu? Terima kasih, kak. cadwina@gmail.com

    ReplyDelete
  85. kak saya ingin sekali teknik lingkungan ITS mohon informasinya :)
    email: tiwi.efani@gmail.com

    ReplyDelete
  86. Kak pri, mohon banget kasih tau dong informasi2 ttg kuliah di jurusan teknik lingkungan.. kaya nanti belajarnya apa aja kak.. Makasih ya kak sebelumnyaa :)
    email : rafixcvi@gmail.com

    ReplyDelete
  87. Kak saya butuh info lebih tentang teknik lingkungan, apa saja yang dipelajari? . terimakasih
    Email : galuh.cakti@gmail.com

    ReplyDelete
  88. Kak, aku pingin msuk teknik lingkungan UNDIP, mnta info lebih lanjut dong kak
    trimakasih y kak
    Email aisha.rani30@gmail.com

    ReplyDelete
  89. Kak aku butuh info lebih detail ttg pelajaran kimia apa aja ug dipelajarin di t.lingkungan, krn sy kurang di kimia kak. Toling infonya kak ke email amaliarizkyramadhanis@ymail.com makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  90. Ka minta info tentang teknik lingkungan lebih luasa lagi dong, sama minta contoh soal yang ada di Teknik Lingkungan seperti apa?
    Email : dimasraynaldo@gmail.com

    ReplyDelete
  91. Ka minta info tentang teknik lingkungan lebih luasa lagi dong, sama minta contoh soal yang ada di Teknik Lingkungan seperti apa?
    Email : dimasraynaldo@gmail.com

    ReplyDelete
  92. kak saya ingin tau lebih banyak tentang TL, pelajaran apa saja yang harus dikuatkan di TL? dan mata pelajaran apa yang harus dikuatkan di TL? dan apakah benar lulusan TL susah mencari kerja?
    email: savirajatnika@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Kak, saya minat masuk teknik lingkungan UNAND. Bisa mnta tlg kirimkan mata kuliah dan bangaimana tentang teknik lingkungan itu kak.
    Ini email saya :
    adzkiarahmiandri@gmail.com
    trima ksh kak :)

    ReplyDelete
  94. kak kalau teknik lingkuangan di IPB bagaimana kak. my email : khairil.fatih@yahoo.com

    ReplyDelete
  95. prospek kerja teknik lingkuangan bagaimana kak?

    ReplyDelete
  96. kak.. boleh mintak gak materi perkuliahan untuk TL.. soalnya aku maba nie di unbraw??
    tolong donk kak...
    pramayshella.arinda@gmail.com

    ReplyDelete
  97. Kak boleh minta info tentang mata kuliah sama pelajaran di TL? soalnya aku tertarik masuk FTSL ITB. makasih banyak kaa laksmi.sarash@gmail.com

    ReplyDelete
  98. Hai Kakak :)
    Aku sama kayak yang lain. Mohon bantuannya ya, Kak :)
    Awalitaufiqi1@gmail.com

    ReplyDelete
  99. kak TL belajar biologi nya banyk ga sih? sama pwk lebih banyak mana? btw kak kalo punya soal2 sbmptn boleh dibagi dong kak, trimakasih.
    jessykaaagt@gmail.com

    ReplyDelete
  100. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  101. mkasih gan ,,, postingan prospek-kerja-teknik-lingkungan , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    ReplyDelete
  102. kak, kalau udah kuliah apa aja yg dipelajari di TL? pelajaran apa aja yang dominan? mohon bantuannya kak
    nurmarita_evi@yahoocom

    ReplyDelete
  103. Kak, bisa bagi info mata pelajaran di TL dong ka. Mksih
    anisa8266@gmail.com

    ReplyDelete
  104. Kak, bagi info tentang mata pelajaran di TL dong kak.
    Anisa8266@gmail.com

    ReplyDelete
  105. Plis gan kirimin semua yg agan tau tentang teknik lingkungan, soalnya ane tertarik neh...pengen kuliah tapi bingung mau ngambil jurusan apa.. Saepulmalik14@gmail.com

    Thnkz

    ReplyDelete
  106. Halo kak, saya mau tanya dong tentang teknik lingkungan UI._. Di teknik lingkungan UI tuh pelajaran yang paling dominan apa sih kak? Biologi, fisika, atau kimia? Saya sekarang kelas 12 terus saya ada rencana mau ngambil teknik lingkungan UI, tapi saya ngerasa ga terlalu bisa biologi sama kimia kak... Terimakasih sebelumnya dwiantimy@gmail.com

    ReplyDelete
  107. Kak kalau teknik lingk. Di upn yogyakarta, itu termasuk favorit nggak? Minta balasanya di adiwigunagglmailid1@gmail.com,maaf ngerepotin, dan trmks buat infonya

    ReplyDelete
  108. kak mohon bantuannya. aku minta saran kalau kakak dihadapkan pilihan k3 ppns atau tek.ling its. kakak pilih mana?

    ReplyDelete
  109. buat temen2 yg udh comment..saya mohon maaf blm bisa saya respon satu2..tp sebisanya akan saya respon inshallah by email. maaf sebelumnya. salam sadar lingkungan...

    ReplyDelete
  110. Hai, kak. Saya pengen tahu juga tentang TL.
    Mohon infonya di addienaar@yahoo.com ya. Terimakasih, kak!

    ReplyDelete
  111. saya jg pengen tauuu :(( @sendangm@gmail.com tengs!

    ReplyDelete
  112. kak saya mendaftar jurusan teknik lingkungan di salah satu universitas negri di makassar dan saya ingin minta soal-soal testertulis tentang TL.
    mohon infonya ya kak di andisusilawati99@gmail.com . terimakasih

    ReplyDelete
  113. hello kak mohon informasi di aricbse05@gmail.com untuk teknik lingungan

    ReplyDelete
  114. Hai kk, aku tertarik sama teknik lingkungan

    Boleh bagi info tentang teknik lingkungan? Makasih kk
    @alshanabilla17@gmail.com

    ReplyDelete
  115. Hai kk, aku tertarik sama teknik lingkungan

    Boleh bagi info tentang teknik lingkungan? Makasih kk
    @alshanabilla17@gmail.com

    ReplyDelete
  116. Assalamualaikum kak, saya tertarik banget sama T. Lingkungan ini, boleh sharing info soal teknik ini? Makasih ya kak
    lassidiq@yahoo.com

    ReplyDelete